Diperkirakan Ponsel 5G Dipasarkan 2019

   Pas Menarik - 5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler meleibih standar 4G. Saat ini pengembangan 5G masih sebatas infrastruktur jaringan. Tapi dua tahun lagi, kita sudah bisa melihat ponsel-ponsel 5G di pasaran.

Hal tersebut diungkap CEO Qualcomm Steven Mollenkopf. Dia mengatakan pemasaran perdana smartphone 5G secara komersial akan dimulai pada 2019. Ini lebih cepat dari perkiraan lantaran didorong oleh permintaan dari segmen konsumen dan bisnis.

"Kamu akan melihat perangkat sungguhan di 2019. Jika aku menjawab pertanyaan serupa tahun lalu, aku akan menjawab 2020," kata Mollenkopf di ajang Frankfurt Motor Show, Jerman, seperti dikutip dari ZDNet, Selasa (19/9/2017).

Mollenkopf juga menambahkan saat ini sudah ada beberapa operator jaringan di Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan yang sedang mempersiapkan peluncuran 5G pada 2019. Selain itu ada operator seluler China pun diketahui melakukan persiapan serupa.

"Saya pikir kamu akan melihat dari penggerak pertama, Korea, Jepang dan Amerika Serikat, karena melihat permintaan yang kuat di semua lokasi tersebut. Namun ada beberapa operator yang ingin menjadi pertama dan tidak mau ketinggalan dari lain," katanya.

Di Korea Selatan, teknologi 5G ini sedang dikembangkan dan diprediksi kecepatan maksimalnya dapat mencapai 100 kali lebih cepat dibanding teknologi 4G, atau lebih tepatnya 10Gbps (10 Giga bit per detik). Rencananya, jaringan 5G akan mulai diterapkan di Korea Selatan pada tahun 2017 dan baru dapat digunakan secara komersial pada tahun 2020.

AT&T yang merupakan salah satu operator jaringan seluler di amerika serikat yang akan mencoba teknologi terbaru ini di Kota Austin dan Indianapolis yang berada di Amerika Serikat, saat melakukan uji coba teknologi 5G, AT&T akan menetapkan kecepatan 400Mbps dan kabarkan akan beroperasi di Amerika Serikat pada tahun 2018. Dan kabarnya juga Indonesia akan menggunakan teknologi ini pada tahun 202.

Qualcomm sendiri sudah melakukan pengujian jaringan 5G di seluruh dunia. Pada bulan Februari, mereka mengumumkan kemitraan dengan Ericsson dan Telstra untuk melakukan uji coba 5G.

Pada saat yang sama, Qualcomm dan Ericsson akan menjadi mitra percobaan 5G tambahan dengan operator telekomunikasi Jepang NTT DoCoMo dan raksasa telekomuniasi Eropa Vodafone.

Percobaan dengan NTT DoCoMo di Jepang akan berlangsung pada paruh pertama tahun 2018. Sementara dengan Vodafone akan dilakukan di Inggris pada paruh kedua 2017.

Qualcomm juga saat ini membantu Verizon dalam upaya menggelar 11 jaringan pecobaan 5G pra-komersial dengan Cisco, Samsung, Ericsson, Intel, LG dan Nokia.

Apa sih kelebihan 5G?
  • Kecepatan data yang lebih signifakan dari 4G.
  • Memiliki transfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu mili detik.
  • Dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga.ff
  • Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps, atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya. Dengan kecapatan seperti itu, teknologi 5G bisa memungkinkan untuk mengunduh 33 film High Definition hanya dalam beberapa detik.
Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.